Selasa, 18 Juni 2013

7 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan





Konyol sekali rasanya, setiap kali Anda duduk di depan TV setelah Anda lelah bekerja seharian, Anda dibombardir dengan iklan-iklan yang tak terhitung lagi jumlahnya yang menawarkan alat-alat ajaib terbaru untuk membakar lemak, menghancurkan lemak perut dan membentuk tubuh. Bahkan pola diet para ahli seperti Suzanne Somers atau Richard Simmons rasanya membuat Anda ingin sekali mengemil.
 
Kabar baik untuk Anda semua: Tidak perlu berdiet, apalagi terburu-buru membeli alat-alat diet terbaru. Inilah rahasia yang sebenarnya untuk menurunkan berat badan Anda : Kurangi porsi makan Anda.
 
Menurunkan berat badan tergantung pada kepekaan Anda.
Kepekaan adalah mantera baru bagi Anda. Melakukan segala sesuatu dengan peka dalam hidup Anda adalah kunci untuk hidup dengan baik. Anda tidak perlu merasa terkurung di dalam penjara tubuh Anda sendiri lagi. Yang perlu Anda lakukan adalah mengontrol porsi makan Anda, kurangi porsi makan dan makanlah dengan peka.
 
Apakah  Anda berpikir bahwa ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan? Seperti halnya segala sesuatu yang ada di dunia ini, mengurangi porsi makan adalah pengalaman yang dipelajari dan akan membutuhkan latihan dan kesabaran. Masalah Anda saat ini adalah Anda terlalu malas untuk mengubah latihan ini ke dalam pola makan yang seimbang.
 
“Masalah bagi kebanyakan orang adalah mereka seringkali memelihara kebiasaan-kebiasaan tertentu yang membuat mereka sulit untuk mengurangi porsi makan mereka,” begitu ujar Pat Booth, asisten direktur dari Departemen Pelayanan Nutrisi di University ofCalifornia San Fransisco Medical Center.
 
Kebiasaan lama sangat sulit untuk dihentikan. Walau begitu nantinya Anda akan melihat kembali pada Anda yang “dulu” dan merasa senang akan diri Anda yang “baru” yang akan datang. Mengertikah Anda? Hal ini juga sangat berhubungan dengan image diri Anda. Anda harus terlebih dahulu berubah secara mental untuk bisa berubah secara fisik.
 
Memulai langkah Anda
Siapapun yang pernah mencoba berdiet pasti tahu perasaan kehilangan yang datang bersama dengan kebanyakan rencana diet. Hasilnya, Anda tidak berhasil bertahan.
 
Jangan mengurangi pola makan Anda secara drastis, cobalah biasakan diri Anda secara perlahan-laahn untuk makan lebih sedikit. Kurangi porsi makan Anda. Tinggalkanlah sedikit di piring Anda. Seiring dengan berjalannya waktu, Anda akan menyadari bahwa Anda membutuhkan lebih sedikit makanan untuk bisa merasa kenyang.
 
1. Porsi makan kecil adalah kuncinya
Idealnya, setiap Anda makan, harus terdapat protein, sedikit lemak dan serat untuk membuat Anda merasa kenyang dan puas. Untuk itu diperlukan perencanaan. Hal ini juga berarti menghilangkan kebiasaan “mengunyah tanpa berpikir”.
 
“Meskipun Anda menjadikan buah-buahan sebagai cemilan, meskipun sehat, Anda tidak akan merasa puas karena buah tidak mengandung protein dan lemak,” kata Booth.
 
Sebutir apel diikuti dengan, katakan saja, sejumlah yogurt, akan membuat Anda merasa lebih kenyang daripada dua butir apel. Sebuah kentang panggang, mengandung 100 kalori, akan membuat Anda merasa lebih puas daripada  200 keripik kentang, yang mana mengandung 114 kalori. Tambahkan kentang itu dengan seperempat gelas keju lembut rendah lemak (100 kalori), dan Anda akan memiliki cemilan sehat dan berisi hanya dengan 200 kalori.
 
2. Jangan  menyiksa diri Anda sendiri
Anda tidak ingin merasa tersiksa atau kelaparan; mengurangi konsumsi kalori secara drastis hanya akan memperlambat metabolisme Anda dengan mengubah sistem Anda ke dalam mode kelaparan.
 
Jangan hitung jumlah kalori yang Anda konsumsi, pantau saja porsi makan Anda. Misalnya saja Anda ingin mengurangi asupan harian kalori Anda dari 2500 ke 2000. Fokuslah untuk mengurangi ukuran porsi makan Anda sebanyak 20%.
 
Dalam beberapa minggu, Anda akan terbiasa dengan porsi makan Anda yang baru dan hal itu akan terasa normal.
 
3. Makanlah yang enak dengan baik
Setiap pola diet seharusnya mengizinkan makanan yang enak sesekali. Makanlah makanan yang enak, tapi dalam porsi yang lebih kecil.
 
Nyata sekali, menyantap saus-saus dan brownies setiap kali Anda makan akan menggagalkan diet Anda. Belajarlah untuk menikmati makanan biasa seperti halnya makanan-makanan enak.
 
4. Makan kalori Anda, jangan meminumnya
Sekaleng minuman soda mengandung 150 kalori. Tiga kaleng minuman ini dalam sehari menambah asupan kalori sebanyak 450 kalori. Jika Anda menambah minuman bersoda, jus dan latte bergula pada pola makan Anda, otomatis Anda akan memerlukan kalkulator untuk menghitung jumlah kalori yang tidak melakukan apapun untuk memenuhi kebutuhan makan Anda.

Minumlah air putih dan teh, dan serap kalori Anda dari makanan yang lebih berisi dan memuaskan.

5. Olahraga adalah partner yang sempurna
Diet Anda akan menjadi lebih sukses jika Anda mengkombinasikannya dengan olahraga yang teratur.
 
Rencanakan olahraga dan pola diet Anda dengan memfokuskan pada bagaimana Anda terlihat dan merasa, bukan pada berapa berat badan Anda. Dengan kata lain, pikirkan tentang ukuran tubuh Anda yang berkurang, bukan pada berat badan Anda. Ingatlah bahwa otot lebih berat daripada lemak.
 
6. Buatlah makanan Anda bertahan lama
Dua batang cemilan protein seimbang hanya mengandung 360 kalori dan juga mengandung vitamin, mineral, serat, protein, lemak, dan karbohidrat. Tetapi Anda bisa menelan cemilan ini dalam waktu yang singkat. Adakah kepuasan mengunyah? Cemilan bernutrisi bukanlah pilihan yang tepat untuk hal tersebut.
 
 
Saraf di otak Anda mungkin tidak akan langsung menerima pesan bahwa Anda sudah merasa kenyang. Makanlah dengan perlahan, kunyah dengan hati-hati dan jangan tambahkan makanan ke dalam mulut Anda ketika Anda belum benar-benar menelan makanan Anda.
 
7. Ketahui pemicu selera makan Anda
Apa yang bisa membuat Anda tidak tahan dengan godaan makan? Apakah Anda mencari makanan begitu Anda menyalakan TV? Bagi beberapa orang, ketika mereka berada di rumah, itulah satu-satunya godaan yang mereka perlukan. Bagi yang lain, sterss bisa menjadi pemicunya. Menurut Pamela Peeke, M.D., pengarang buku Fight Fat After Forty, Kortisol yang merupakan hormon stress, dapat memicu selera makan.
 
Semua orang tahu bahwa makanan porsi besar tidak akan mengisi kekosongan hidup Anda atau memberikan Anda kelegaan yang bertahan lama atas kejadian tidak menyenangkan yang Anda alami. Mencari tahu pemicu selera makan Anda adalah sebuah langkah menuju pengontrolan diri, yang mana merupakan dasar dari mengurangi porsi makan.
 
Jadi ketika Anda melihat iklan-iklan yang menyebalkan itu lagi, ikuti tiga langkah ini : ambil remote TV Anda, ubah saluran TV, kemudian letakkan kembali remote Anda.
 
Menurunkan berat badan dengan mudah bukanlah tidak mungkin
Diet tidak akan menghasilkan apapun. Bukan hanya membuat Anda menderita dan merasa lapar, diet malah akan menaikkan berat badan Anda dengan memperlambat metabolisme tubuh Anda. Jadi pantaulah porsi makan Anda, jangan mengkonsumsi minuman bergula, makanlah dengan perlahan, berolahraga, dan Anda akan bisa menurunkan berat badan Anda dengan cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar